Pelantikan Pengurus E-Sports Indonesia (ESI) Tingkat Kabupaten Wilayah Provinsi Sulawesi Barat -->
POPULER

Pelantikan Pengurus E-Sports Indonesia (ESI) Tingkat Kabupaten Wilayah Provinsi Sulawesi Barat

Kamis, 24 Desember 2020, 07.33 WIB
PEMBACA ONLINE Free website counter



Pelantikan Pengurus E-Sports Indonesia (ESI) Tingkat Kabupaten Wilayah Provinsi Sulawesi Barat

Mamuju Sulbar - globalinvestigasinews.com


Rabu 23 Desember 2020 tepatnya pada pukul 11.00, di Aula Lantai 4 Kantor Gubernur Sulbar, Pengurus Besar Esports Indonesia Tingkat Sulbar dipimpin langsung oleh Bagus Suryo Nugroho (Ketua ESI Sulbar) melakukan pelantikan pelantikan pengurus E-Sports Indonesia (ESI) tingkat kabupaten wilayah Provinsi Sulawesi Barat.


Adapun Nama Ketua Esports Yang Dilantik, Laila Nur Djamaluddin (Polewali Mandar), Muh. Syafaat (Majene), Adrian Witono (Mamuju), Aswanto Aras (Mamuju Tengah), Budiyansa, S.T (Pasangkayu), Wiro Gunawan (Mamasa).


Dimana tamu undangan yang dihadir secara offline sekitar 40 orang diantaranya, Dr. H. Muhammad Idris DP (Sekda Sulbar), Kombes Pol Andareas (Dir Binmas Polda Sulbar), Hasrat Lukman (Sekteratis KONI Sulbar), para pengurus ESI Sulbar tingkat provinsi dan kabupaten.

Giat pelantikan tersebut diikuti oleh perwakilan Pengurus ESI Kabupaten se-Sulbar secara langsung, sementara pengurus lainnya harus mengikuti acara pelantikan secara virtual. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19, sehingga harus menerapkan protokol kesehatan, termasuk membatasi jumlah massa dalam setiap kegiatan.

Lanjut Sambutan Bagus Suryo Nugroho (Ketua ESI Sulbar / Kabinda Sulbar), e-Sports telah menjadi wadah bagi organisasi serta atlet demi meningkatkan prestasi olahraga elektronik.

Selama ini banyak pihak, khususnya para orang tua, yang menganggap anaknya yang bermain game hanya membuang waktu saja dan tidak memiliki masa depan jika terus bermain game. Namun saat ini para pemuda tidak perlu khawatir karena telah memiliki wadah untuk bermain game tersebut dengan menjadi atlet e-Sports. Telah banyak digelar kompetisi e-Sports di Indonesia maupun dunia, bahkan olahraga elektronik ini telah ditetapkan secara resmi oleh Pemerintah melalui Kemenpora dan KONI sebagai salah satu cabang olahraga prestasi di Indonesia Selamat kepada Pengurus ESI Kabupaten se-Sulbar yang baru saja dilantik, semoga dapat mengemban amanah dengan baik.

Pelantikan pengurus ini merupakan langkah awal untuk membangun e-Sports Sulbar ke arah yang lebih positif dan diharapkan mampu untuk membawa kemajuan daerah di berbagai sektor,Mari kita semua bersinergi untuk memajukan e-Sports di wilayah Sulbar, tentunya hal ini memerlukan dukungan dari berbagai pihak, baik organisasi, pemerintah, hingga media, sehingga ke depan para atlet e-Sports dari Sulbar dapat bersaing dengan provinsi lain di tingkat nasional, atau bahkan dapat membawa harum nama bangsa Indonesia di kancah internasional. Tuturnya 

Lanjut Sambutan oleh Hasrat Lukman (Sekteratis KONI Sulbar), Secara resmi Esport telah diakui menjadi cabang olahraga baru di Indonesia. Pengakuan tersebut ditetapkan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat 2020 secara virtual pada 25-27 Agustus 2020, E-Sport ini adalah cabang olahraga baru di Indonesia yang peminat dan eksistensinya telah banyak digemari berbagai kalangan dan usia. "Kedepannya, diharapkan ada perbaikan dan solusi yang dapat kita sepakati untuk kemajuan cabang olahraga baru ini", tuturnya

Lanjut Sambutan oleh Dr. H. Muhammad Idris DP (Sekda Sulbar), dengan adanya struktur organisasi cabang olahraga esport di Sulawesi Barat bahkan hingga ke tingkat kabupaten maka ini sebagai bentuk yang pengkhidmatan besar kepada bumi Malaqbiq ini untuk maju di seaporsi olahraga berguna  , karena kini esport gegap gempita di hampir semua belahan dunia dan menjamur seiring berkembangnya penggunaan internet di kalangan masyarakat, di indonesia sendiri, esport diakui sebagai salah satu cabor prestasi di tahun 2020, cabang olaharaga ini perlu mendapatkan pembinaan agar memberi manfaat yang besar bagi atlet dan masyarakat,Dari hari kehari kita semakin sadar bahwa perkembangan digital telah mempengaruhi hampir seluruh sendi kehidupan manusia, tak hanya di sektor birokrasi tapi juga dalam olahraga.  Teknologi digital memainkan peran penting dalam kehidupan manusia sehari-hari.  Secara khusus revolusi industry 4.0 menyebabkan terjadinya disrupsi teknologi.  Disrupsi sendiri merupakan perubahan yang terjadi secara mendasar.  Dalam era revolusi industry 4.0 terdapat beberapa kompetensi yang sangat dibutuhkan agar bisa bersaing dengan kompetisi yang terjadi di dunia dan salah satunya adalah kolaborasi virtual.  Untuk bisa mempunyai sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing maka diperlukan literasi baru yang berupa data besar dan pemrograman, literasi teknologi, dan literasi manusia sebagaimana yang telah saya sampaikan, Dengan menyorot fenomena belakangan ini, pada dasarnya ada aktivitas yang popular dikalangan milenial yang bisa menjadi jembatan antar pergeseran revolusi industry 4.0 dan olahraga.

Jembatan antara ke dua hal ini adalah esports, sesungguhnya literasi kesadaran, sikap dan kemampuan individu untuk secara tepat menggunakan alat dan fasilitas digital sebagai digital mengidentifikasi, mengintegrasikan, mengevaluasi, menganalisis dan menyintesis sumber daya digital, dan menyintesis sumber daya digital  dalam konteks situasi kehidupan tertentu, untuk memungkinkan tindakan konstruktif dan merenungkan proses ini.

Sosial yang literasi digital merupakan kemampuan yang bersifat multi dimensi.  Konsep serta dimensi dalam literasi digital merupakan kombinasi teknologi, psikologis sosial, literasi dan aspek digital bisa dipahami merupakan bentuk keterampilan yang kompleks yang menyangkut bentuk keterampilan baru yang harus dimiliki dalam era revolusi industry 4.0.  Esport hadir sebagai bagian dari̇ revolusi industri.

Dapat dikatakan bahwa esports dan permainan digital lainnya dapat dengan beberapa cara berkontribusi pada pengembangan literasi digital lebih lanjut.  

Keterampilan yang dipelajari saat bermain tidak terbatas pada keterampilan motoric tapi juga kognitifitas dan strategi.  Dengan adanya keunikan dan kekhususan ini maka esport yang pada basicnya mengedepankan keteramlilan konsep serta pendekatan akan mengarahkan sikap pada kedisiplinan dan profesionalitas yang nantinya pada tahapan tranformasi digital mampuitas menciptakan inovasi dan kreatitas menciptakan inovasi, Saya sangat berharap bahwa pengurus cabang olaharaga esport di sulawesi barat mampu mengemban amanah dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menjadikan olahraga ini literasi sebagai instrumen digital bagi masyarakat sulawesi barat.

Dengan segala manfaat yang ada dari olahraga ini semoga sulawesi barat semakin maju.  Terakhir saya mengucapkan selamat kepada pengurus yang akan dilantik.  Semoga amanah hingga di akhir kepengurusan.

Bulatkan tekad bahwa esport mampu mengharumkan nama sulawesi barat.  Semua itu hanya dapat terwujud melalui pembinaan berkelanjutan.  Dimulai dengan yang penjaringan bakat putra-putri sulawesi barat melaui turnamen rutin.  Saya pun sangat berharap atlet esport sulbar dapat berlaga di turnamen daerah maupun nasional bahkan internasional.

"Terima kasih atas dedikasinya kepada sulawesi barat untuk memajukan sulbar di sektor olahraga". tutupnya 

....NURDIN - BANG RUS........

Sedang Populer