Jelang Tahapan Pelaksanaan Pilkada 2020, Bawaslu Himbau ASN Bateng Jaga Netralitas -->
POPULER

Jelang Tahapan Pelaksanaan Pilkada 2020, Bawaslu Himbau ASN Bateng Jaga Netralitas

Selasa, 25 Agustus 2020, 21.27 WIB
PEMBACA ONLINE Free website counter



Jelang Tahapan Pelaksanaan Pilkada 2020, Bawaslu Himbau ASN Bateng Jaga Netralitas

Koba - Global Investigasi News.Com

Tahapan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2020 sepekan kedepan akan mulai memasuki tahapan pelaksanaan yang diawali dengan tahapan pencalonan.

Pada tahapan ini tentu semua pihak yang diwajibkan untuk menjaga netralitas, seperti Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta untuk tidak melakukan politik praktis, 25/8/2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah Robianto mengatakan netralitas ASN dalam Pemilu atau Pemilihan telah diatur secara tegas dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010.  "Batasannya tentu sudah jelas dalam aturan tersebut dan wajib bagi setiap ASN untuk bersikap dan menjaga netralitas," ujarnya.

Pada Pilkada Tahun 2020 ini, menurut Robianto tidak dipungkiri pihaknya intensitas di media sosial akan meningkat. Karena Pilkada tahun ini dilaksanakan dalam kondisi Pandemi Covid-19.  Untuk itu, ia berharap agar ASN di Kabupaten Bangka Tengah tidak terjebak pada praktik-praktik politik praktis.  "Media sosial tentu menjadi salah satu lokus pengawasan kita. Dan saat ini kita sudah membentuk Tim Patroli Media Sosial yang akan mengawasi semua platform media sosial," ungkapnya.

Terkait jika ada dugaan pelanggaran terhadap netralitas ASN, disampaikan Robianto pihaknya tentu akan melihat konten yang ditampilkan dan tahapan Pilkada yang sedang berlangsung.  "Dalam menangani suatu dugaan pelanggaran, apapun jenis pelanggarannya, tentu Bawaslu akan selalu mengedepankan asas praduga tak bersalah," terangnya.

"Dalam prosesnya, ada tahapan klarifikasi yang akan dilakukan oleh Bawaslu. Dari hasil klarifikasi dan bukti-bukti yang ada, nanti akan diputuskan dalam kajian apakah terpenuhi atau tidak unsur dugaan pelanggarannya. Jika terpenuhi, maka Bawaslu akan mengeluarkan rekomendasi," tambahnya./Zili

Sedang Populer